Kiat Jitu Menyiasati Kerja Lembur

Memang sih, rasanya malas sekali bila harus bekerja lebih lama dari biasanya meski berarti akan ada tambahan uang ekstra di rekening Anda saat hari gajian tiba. Apalagi, dengan bekerja lembur, waktu Tapi, saat pekerjaan bertumpuk, tentu tidak ada pilihan lain selain kerja lembur. Nah, agar lembur tidak sia-sia, langkah-langkah berikut perlu Anda lakukan:
Delegasikan Tugas Di Rumah

Bekerja lebih lama dari biasanya tentu akan mengurangi waktu Anda bersama keluarga. Karena itu, persiapkanlah segalanya dengan baik. Delegasikanlah tugas-tugas Anda di rumah kepada pasangan Anda serta pembantu di rumah. Misalnya untuk tugas membantu si kecil mengerjakan pekerjaan rumah, pasangan Anda bisa menggantikannya. Sedangkan untuk menyiapkan makan malam keluarga yang biasanya Anda lakukan, bisa digantikan oleh si bibi di rumah. Bila Anda kebetulan bekerja lembur di hari libur, bicarakanlah masalah ini dengan pasangan Anda sebelumnya. Mintalah dia untuk menemani anak-anak berakhir pekan bila memang Anda berdua sudah menjanjikan mereka untuk bepergian bersama-sama. Atau, bila waktunya memang memungkinkan, minta pasangan mereka menjemput Anda di tempat kerja baru kemudian melewatkan hari libur Anda bersama mereka.

Persiapkan Kondisi Fisik Anda

Bekerja lembur tentu akan menyita tenaga dan pikiran Anda. Karena itu, pastikan Anda berada dalam kondisi fit agar bisa berkonsentrasi mengerjakan tugas-tugas yang bertumpuk. Bila perlu, sediakan minuman berenergi di meja Anda sebagai "doping" pendongkrak tenaga. Jangan lupakan makan malam untuk mengisi energi kembali setelah bekerja hingga sore hari. Siapkan pula makanan ringan untuk mengganjal perut saat lapar. Udara dingin dari AC di ruang kerja tentu akan membuat Anda lebih cepat lapar. Selain itu, minumlah segelas air putih setiap jam untuk menghindari dehidrasi dan agar otot-otot tubuh tidak terasa pegal.

Manfaatkan Waktu Secara Efektif

Agar kerja lembur Anda benar-benar menghasilkan, jangan pernah tergoda untuk menghabiskan waktu melakukan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan tugas yang harus diselesaikan. Misalnya bertelepon ria dengan teman atau asyik ber-chatting di internet hingga larut malam, atau mengobrol dengan rekan yang juga sama-sama sedang bekerja lembur sampaisampai pekerjaan terbengkalai. Selain itu, siapkan pula bahan-bahan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas Anda, seperti dokumen, peralatan kerja, dan lain sebagainya. Letakkan itu semua di lokasi yang bisa dengan mudah dijangkau oleh Anda. Dengan demikian, waktu tidak akan banyak terbuang untuk sibuk mencari-cari keperluan yang Anda butuhkan.

Bekerja Menggunakan Strategi

Bekerja dengan menggunakan strategi tentu hasilnya berbeda dibanding jika bekerja tanpa strategi yang efektif. Karena itu, selain mempersiapkan segala keperluan untuk kerja lembur dan memanfaatkan waktu secara efektif, bekerjalah juga secara efektif. Pertama, pikirkanlah apa saja yang memang harus diselesaikan, lalu buatlah skala prioritas tugas-tugas yang harus dilakukan, mulai dari yang harus paling didahulukan hingga yang masih bisa ditunda. Setelah itu, kerjakan semua tugas berdasarkan skala prioritas tersebut. Agar tidak banyak waktu yang terbuang, gunakan cara-cara yang efektif dalam menyelesaikan semua pekerjaan yang ada. Misalnya dengan menggunakan komputer yang memiliki kecepatan tinggi sehingga pekerjaan Anda bisa dilakukan dengan cepat. Bila Anda menemukan masalah di salah satu tugas yang sedang dikerjakan, buatlah catatan khusus tentang masalah tersebut, dan pindahlah ke pekerjaan berikutnya. Setelah itu, barulah mencari solusi untuk masalah yang Anda temukan tadi. Bila memang tidak bisa terselesaikan saat itu juga, pastikan Anda mengerjakannya keesokan harinya.

Ciptakan Suasana Kerja Yang Nyaman

Bekerja akan lebih optimal bila dilakukan dalam suasana kerja yang nyaman. Karena itu, ciptakanlah sendiri suasana yang nyaman di ruang kerja Anda.
  • Bila memang Anda merasa lebih produktif bila bekerja dengan diiringi musik, dengarkan saja musik kesenangan Anda itu. Agar tidak mengganggu rekan Anda yang lain, gunakan walkman.
  • Buatlah agar tempat duduk Anda cukup nyaman dan tidak membuat seluruh tubuh terasa pegal. Pastikan punggung bagian bawah berada dalam posisi yang nyaman saat Anda duduk. Bila perlu, Anda bisa mengganjalnya dengan bantal atau handuk kecil.
  • Untuk komputer, pastikan jarak mata Anda dengan layar monitor sekitar 18 hingga 30 inci. Sesuaikan pula posisi keyboard komputer sehingga pergelangan tangan berada dalam posisi lures dan rileks. Gunakan pula pergelangan tangan untuk menopang telapak tangan Anda.
  • Pastikan cahaya di dalam ruangan cukup terang, namun tidak terlalu terang sehingga membuat mata mudah lelah.

Sisihkan Waktu Untuk Beristirahat

Bila kebetulan lembur Anda kali ini akan menjadi hati lembur yang panjang, sisihkan waktu untuk beristirahat di sela-sela peketjaan Anda. Saat mata mulai sulit diajak berkompromi, jangan memaksakan diti untuk tetap bertahan karena hasilnya justru tidak akan optimal. Lebih baik pejamkan mata sejenak untuk menyegarkan tubuh dan pikiran kembali, bate kemudian melanjutkan peketjaan. Agar tidak kebablasan, pastikan Anda mengeset alarm di ponsel atau jam, atau tnintalah rekan Anda membangunkan Anda. Jangan pernah memaksakan diri untuk menyelesaikan semua pekerjaan saat itu juga bila kondisi fisik dan pikiran Anda tidak memungkinkan. Lebih baik pulang dan selesaikan saja pekerjaan keesokan harinya. Sepanjang pekerjaan tersebut tidak terlalu kritikal, akibatnya tidak akan terlalu fatal bagi ritme kerja Anda.


Blog Ini Didukung Oleh :


0 comments:

Post a Comment