Wisata Chinatown di Indonesia


Bila budget Anda terbatas, Anda masih bisa kok menikmati wisata imlek atau wisata bernuansa Cina di dalam negeri. Banyak lokasi yang bisa disambangi di Indonesia ini. Semuanya berpusat di kantung-kantung pemukiman masyarakat Tionghoa (Pecinan). Berikut ini Tipsanda.com akan memberikan tips wisata Chinatown di Indonesia:
1. Jakarta. 

China Town di Jakarta berpusat di daerah Kota, perbatasan daerah Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Di sana banyak kelenteng yang menjadi pusat kegiatan Imlek. Bahkan di beberapa area di Kota, seperti Glodok dan Petak Sembilan, ada parade dan pertunjukan seni. Serta pusat jajan makanan China khas Imlek, seperti kue keranjang dan olahan daging bandeng.

2. Semarang,

Memiliki situs bersejarah berkaitan dengan negeri Tirai Bambu, yaitu Gedung Batu Sam Po Kong, yang dianggap sebagai tempat pendaratan pertama Laksamana Ceng Ho dari China. Di sinilah biasanya diadakan perayaan imlek yang meriah, seperti pertunjukkan rakyat China dan wayang kulit semalaman suntuk.

3. Singkawang, 

Yang terletak di Kalimantan Barat disebut juga Kota Seribu Kelenteng. Setiap tahun menggelar festival imlek yang meriah. Mulai parade kendaraan ias, pertunjukkan Tatung yang bernuansa mistis, barongsai, dan wayang gantung. Keunikan Singkawang adalah pada perpaduan antara budaya China dan Suku Dayak.

4. Surabaya, 

Terkenal dengan tradisi Kia-Kia yaitu tradisi jalan-jalan warga Tionghoa di Surabaya, yang berlangsung di sepanjang Jalan Kembang Japun sampa Jembatan Merah. Lokasi tersebut akhirnya dinamakan Kia-Kia. Hari biasa saja ramai, apalagi saat imlek, benyak pertunjuukan seni digelar di sana sertai festival makanan khas China.

Blog Ini Didukung Oleh :


0 comments:

Post a Comment